-->

Pengertian Jaringan LAN, MAN, dan WAN


Jaringan Internet sejatinya ada 5 macam, yaitu LAN ( Local Area Network ), MAN ( Metropolitan Area Network ), WAN ( Wide Area Network ), Internet, Wirelees ( tanpa kabel ). Sebenarnya, konsep dari jaringan tersebut untuk dapat berkomunikasi dan berbagi informasi yang kita miliki. Yang hanya membedakan adalah letak geologis nya seperti wilayah dan area jaringan dan teknologi yang digunakan seperti kabel yang berbeda pada saat digunakan, alamat IP yang berbeda, dan sistem keamanan yang berbeda pula.

Jaringan yang pertama akan saya bahas adalah


( Local Area Network ) Adalah jenis jaringan yang hanya mencakup area lokal. Dengan menggunakan Kabel UTP ( Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan sebagainya.
Biasanya jaringan LAN mencakupi gedung seperti Sekolah, Kantor, Warnet.

Keuntungan yang kita dapatkan dari jaringan LAN adalah jumlah biaya yang dikeluarkan lebih irit, lebih sedikit menggunakan kabel, transfer data antar komputer lebih cepat.

Kerugian dari jaringa LAN adalah cakupan jaringan yang lebih sempit, dan cakupan transfer data lebih sempit.

==============================================
Baca Juga: Spot Refreshing dan Hunting di Kota Depok
==============================================
( Metropolitan Area Network) Adalah jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN.
Kenapa disebut dengan Metropolitan Area Network, karena jaringan komputer ini dapat terhubung dari satu kota ke kota lainya atau dari gedung A ke gedung B seperti gambar diatas.
Untuk dapat membuat jarigan komputer MAN, biasanya dibutuhkan Operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.

Keuntungan menggunakan jaringan MAN adalah Jaringan yang lebih luas, sehingga komunikasi lebih efisien, lebih mudah dalam berbisnis, dan keamanan yang lebih baik.

Kerugian yang dimiliki jaringan MAN adalah biaya operasional yang lebih besar dan banyak, dapat menjadi sasaran operasi para Cracker untuk kepentingan pribadi, waktu Maintenence yang cukup lama.

( Wide Area Network ) Adalah jaringan yang mencakup wilayah yang lebih luas dari LAN dan MAN atau mencakup suatu negara ke negara yang lain, dan juga dari satu benua ke benua yang lain.
Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel Fiber Optic yang ditanam dibawah tanah, atau melewati bawah laut.

Keuntungan Jaringan WAN adalah cakupan jaringan yang lebih luas dibanding LAN dan WAN, tukar menukar informasi mejadi lebih rahasia dan ter-arah, lebih mudah untuk pengembangan bisnis.

Kerugian menggunakan jaringan WAN biaya Oprasional lebih mahal, keamanan yang rentan menjadi target Cracker, biaya perawatan yang sangat tinggi.

Yaitulah beberapa jenis jaringan Internet yang wajib anda ketahui, masih banyak lagi loh informasi yang lain. jadi jangan malas membaca.