-->

Super Blue Moon: Kejadian Langit Sangat Langka di 31 Januari 2018

Belakangan ini yang sedang ramai di bicarakan di Media Sosial dan disekolah ane adalah fenomena Super Blue Moon sebenarnya apaasih??

fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia tersebut muncul karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Melihat kalender NASA 2018, kamu pasti akan mengetahui bahwa pada hari Rabu, 31 Januari 2018, akan ada Super Blue Moon (SBM). SBM itu juga mendapat sebutan Super Blue Blood Moon. Kejadian langit ini terbilang sangat langka karena untuk pertama kalinya terjadi lagi setelah ratusan tahun lamanya.

Dinamakan Super Blood Blue Moon  karena memang warnanya akan hampir seperti darah, darah merah lho ya bukan darah biru. Istilah blood itulah yang mengacu pada warnanya, sementara istilah blue mengacu pada situasinya.

Ya, Super Blood Blue Moon ini gak berwarna biru. Bulan ini disebut blue  karena didasarkan pada istilah Bahasa Inggris lama yang cenderung bermakna "pengkhianat". Bulan tersebut dimaknai pengkhianat karena kemunculannya gak menuruti siklus jadwal umumnya dan kondisinya jauh berbeda dari biasanya.

Ingat ya, SBM itu cuma 1 dari 2 gerhana bulan total yang bisa diamati dari Indonesia selama tahun 2018, apalagi bisa jadi ini sekali seumur hidupmu. Catat waktunya baik-baik ya dan nikmati pemandangan SBM-nya. Enjoy, guys!